Jumat, 20 Juli 2012

MENJODOHKAN HAMSTER


CARA MENJODOHKAN HAMSTER DEWASA






anda ingin hamster anda bervariasi, tanpa harus membeli terlalu banyak hamster? Mudah saja. Anda tinggal mengkawinkan hamster anda. Maka pasti akan menghasilkan banyak variasi warna hamster. Tapi sebelum mengawinkan hamster anda, ada baiknya anda melakukan perjodohan lebih dulu. Berikut ini saya akan mencoba membantu anda dalam menjodohkan kedua hamster.


Apabila kedua Hamster masing-masing dulunya pernah mempunyai pasangan, ada baiknya melakukan ‘penyucian’ diri terhadap Hamster yang akan dijodohkan. Caranya, cukup asingkan Hamster jantan & betina sendirian selama kurang lebih 1 minggu. Hal ini dilakukan agar bau pasangan yang lama mereka di tubuhnya hilang. Bedding yang dianjurkan untuk melakukan tahap masa ‘penyucian’ ini adalah menggunakan pasir zeolit No. 1, tetapi jika tidak ada, serbuk pun diperkenankan.


Apabila telah melewati tahap masa ‘ penyucian’, tibalah kini saatnya untuk melakukan proses perjodohan. Caranya, sediakan kandang baru yang cukup layak untuk sepasang Hamster dengan bedding yang baru pula (boleh serbuk/pasir zeolit). Setelah itu, tempatkan Hamster pejantan terlebih dahulu masuk ke dalam kandang tersebut. Biarkan Hamster pejantan tersebut mengenali kandang barunya & membauinya selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, barulah tempatkan Hamster betina.


Perhatikan terus Hamster yang baru dijodohkan itu, apabila terjadi teriakan-teriakan kecil dari sang Hamster betina, itu artinya sang Hamster betina sedang ‘menikmati’ jamuan dari sang Hamster pejantan. Biarkan saja, karena hal itu biasa terjadi. Tetapi, apabila mereka berkelahi, maka perlu dipisah, usahakan tidak dengan kontak tangan langsung, bisa gunakan wadah pakan Hamster, untuk mengambil/mengangkat Hamster betina. Jika proses perjodohan ini tidak berhasil, maka ulangi kembali dari tahap yang pertama. Jika ada Hamster lainnya, bisa dicoba dengan mengganti Hamster pejantan/betinanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar